Sabtu, 25 Januari 2014

Makalah Tentang Negara Vietnam Dan Thailand


*     
KATA PENGANTAR

       Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah mengenai Permasalah Merokok ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Drs. Muhammad Rusdi selaku guru IPS yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai negara Vietnam dan Thailand. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan. Untuk itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.




Jakarta, Januari 2014

 
Penyusun
 
 

Nama resmi                     : Republik Vietnam
Ibukota                            : Hanoii


1.    Bentuk Pemerintahan        : Republik Sosialis
2.    Kepala Negara                   : Presiden (Truong Tan Sang )
Kepala Pemerintahan         : Perdana Menteri
3.    Lagu kebangsaan               : For Ward Soldier
4.    Bentang Alam                     

Bentang alam Vietnam secara umum dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu sebagai berikut :

          1. Pegunungan Utara
         Terletak di bagian barat laut yang wilayahnya sebagian besar tertutup oleh   
         hutan lebat. Pegunungan utara merupakan hulu dari beberapa sungai besar di   
      Vietnam, seperti : Sungai Songka/Sungai Merah, Sungai Songcay, Sugai Songgam, dan   Sungai Songoau. Puncak tertinggi di Vietnam adalah Gunung Fan Si Pan dengan tinggi    
         kira-kira 3.143 m. 
                                                 
2. Pegunugan Annam
Rangkaian pegunungan ini terletak di sebelah barat, yang membujur dari pegunungan utara sampai ke Ho Ci Minh.

3. Dataran pantai
Dataran ini terletak di sebelah timur bagian tengah yang membujur delta Sungai Merah sampai delta Sungai Mekong.

4  Delta Sungai Mekong
Daerah ini merupakan dataran aluvial yang subur dari Sungai Mekong, yang berada pada ketinggian 3 m dari permukaan laut.

Batas wilayah     :     1.    Sebelah utara       : Republik Rakyat Cina
                                 2.    Sebelah timur       : Laut Cina Selatan dan Teluk Tonkin
                                 3.    Sebelah selatan   : Laut Cina Selatan
                                 4.    Sebelat barat         : Kamboja, Laos, dan Teluk Siam



5.    Letak astronomis                  :  Secara astronomis Vietnam terletak antara 8o LU – 22o LU dan
  antara   104o BT – 108o BT
Letak geografis                         :  Vietnam berada di sebelah timur daratan Asia Tenggara tepatnya 
   berada di ujung timur Semenanjung Indochina.
Iklim                ,              :  Tropik, suhu antara 29o C – 30o C

6.    Keadaan sosial                   

Pada tahun 2008, jumlah penduduk Vietnam mencapa 86.116.559 jiwa, dengan angka pertumbuhan 1,86%. Penduduk asli Vietnam adalah bangsa Vietnam. Beberapa pendatang berasa dari etnis Cina, Thai (Thailand), dan Khmer.Lebih dari 80% penduduk tinggal di wilayah pedesaan. Agama yang dianut oleh mayoritas penduduk Vietnam adalah Buddha, Caodaisme, Hoa  Hao, dan Katolik Roma, Kong Hu Cu,Taoisme, sebagian kecil Kristendan Islam. Bahasa resmi adalah bahasa Vietnam.


Keadaan ekonomi              

Vietnam masih termasuk negara agraris. Vietnam terkenal dalam  hal irigasi. Hasil-hasil utama Vietnam adalah kopi, teh, tebu, jagung, dan padi,dan sebagainya. Hasil tambang Vietnam yang utama adalah batu bara.Vietnam juga penghasil bijih besi, timah,dan emas. Industri yang dikembangkan antara lain industri bahan kimia, semen, dan perkapalan. Mata uang Vietnam adalah Dong dengan pendapatan perkapita US$4.001 ( tahun 2012 ).




*     Thailand ( Muanghtai )



 


Nama resmi   : Raja-anachakra Thai atau Prath–t Thai
Ibukota           : Bangkok 
1.    Bentuk Pemerintahan  : Kerajaan
2.    Kepala Negara             : Raja
Kepala Pemerintahan   : Perdana Menteri
3.    Lagu Kebangsaan        : Pleng Chard
4.    Bentang Alam   

Wilayah Thailand memiliki karakter geografis yang beragam. Bagian utara merupakan wilayah bergunung-gunung, bagian timur berupa dataran tinggi (Plato Khorat), bagian tengah sebagian besar berupa dataran rendah, bagian tenggara berupa lembah dan perbukitan, dan sebelah selatan berupa dataran sempit (Tanah Genting Kra) yang melebar hingga Semenanjung Malaysia. Secara detail karakter wilayah Thailand dari utara hingga Semenanjung Malaysia dapat digambarkan sebagai bagian berikut :



1. Daerah pegunungan utara
Pegunungan di bagian utara dan barat secara geomorfologi merupakan kelanjutan Pegunungan Myanmar. Ketinggian rata-rata 1.000 – 2.000 meter. Puncak tertingginya adalah Gunung Doi Inthanon (  2.576 m), juga merupakan titik tertinggi di Thailand. Puncak-puncak lainnya adalah Gunung Doi Angka (  2.581 m) dan Chieng Dao (  2.482 m).

2. Plato Khorat
Plato Khorat terhampar di bagian timur Thailand,dengan ketinggian bervariasi. Plato tersebut berupa pegunungan kapur tandus dengan irigasi yang kurang baik. Hamparan plato dibatasi oleh Sungai Mekong di sebelah timur.
.
3. Dataran rendah bagian tengah
Dataran rendah di wilayah tengah Thailand merupakan lembah sungai Chao Phraya. Wilayah ini sangat subur, karena dialiri oleh Sungai Chao Phraya dan beberapa anak sungainya (Sungai Puig, Wang, Yom, dan Nan) yang bermuara ke Teluk Thailand. Dataran rendah Chao Phraya merupakan daerah pertanian yang sangat penting bagi Thailand. Di tepi Sungai Chao Phraya berdiri dua kota penting, yaitu Bangkok dan Thonburi.

4. Lembah dan perbukitan tenggara
Lembah dan perbukitan di bagian tenggara ini merupakan kelanjutan dari sistem Pegunungan Kamboja yang disebut Pegunungan Kardamon. Di wilayah itu terdapat dua buah bukit, yaitu Khao Kampeng dan Dangrek. Puncak tertingginya adalah Gunung Khao Soi Dhao (  1.000 m).

5. Tanah Genting Kra.
Bagian selatan Thailand adalah bagian dari Semenanjung Malaysia, berupa dataran sempit antara Laut Andaman dan Teluk Siam. Daerah paling sempit di wilayah ini disebut “Tanah Genting Kra”, yang semakin melebar ke Semenanjung Malaysia. Di wilayah ini terdapat beberapa aliran sungai penting, yaitu Sungai Mekong, Mae Klong,Chao Phraya, dan NamMun.

Batas Wilayah    :           1. Sebelah utara                  : Laos dan Myanmar.
2. Sebelah selatan             : Malaysia dan Teluk Siam.
                                          3. Sebelah timur                  : Laos dan Kamboja.
                                          4. Sebelah barat                  : Myanmar dan Laut Andaman.


5.    Letak astonomis             : Secara astronomis Thailand terletak antara 5o LU – 21o LS dan
  97o BT – 106o BT
Letak geografis               :  
Letak geografis Thailand adalah berbatasan dengan Laos dan Myanmar di sebelah utara, dengan Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dengan Myanmar dan Laut Timur di barat dan dengan Laos dan Kamboja di timur.



Iklim                                : Tropik




6.  Keadaan Sosial              

Suku Thai menduduki jumlah terbanyak dari seluruh penduduk Thailand (75%). Selebihnya adalah etnis Cina (14%), Khmer (3%), Melayu (4%), dan lainnya (4%). Sebagian besar penduduk tersebut tinggal di daerah utara dan tengah. Mayoritas penduduk Thailand adalah pemeluk agama Buddha (90%). Selebihnya adalah pemeluk Islam.

Jumlah Penduduk              : 64,743 juta ( tahun 2006 )
Suku Bangsa                     : Thai ( suku asli ), Cina, Melayu
Bahasa                              : Thai ( resmi ), Cina, Inggris         
               Agama                               : Buddha ( rsmi ), Islam, Kristen

                 Keadaan Ekonomi

Thailand dikenal sebagai negara agraris yang sangat cepat perkembangannya.Tanaman pangan dan perkebunan dikembangkan dengan baik. Hasil pertanian utama adalah padi.Thailand merupakan gudang beras di Asia Tenggara. Hasil tambang yang utama adalah timah dan mangaan. Pariwisata merupakan sumber penghasilan devisa yang besar bagi Thailand.


Mata uang                       : Bath
Hasil Pertanian                : Beras, karet, jagung, tapioka, gula, rami, dan kelapa
Hasil tambang                  : Antimonium, timah, besi, dan mangaan.
Hasil Industri                    : Industri eloktronik, berlian pakaian, dan tekstil.
Ekspor Utama                 
  Tekstil, komputer dan komponennya, integrated circuit 
     berlian,  pakaian.
Impor Utama                    : Mesin industri, baja alat-alat listrik, suku cadang
                                          kendaraan.

Pendapatan Perkapita   : US $ 2750 ( tahun 2005 )




1 komentar :

  1. Nama : Laila Putrinda
    Kelas : XI iis 4

    Biosfer adalah lapisan atau permukaan dimana tempat berkumpulnya manusia atau makhluk hidup. Biosfer juga meliputi lapisan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Jadi singkatnya tentang biosfer adalah sistem kehidupan yang dapat ditemukan.
    Didalam sebuah habitat pastinya kita akan menemukan banyak organisme makhluk hidup lainnya seperti urutannya adalah individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan yang terakhir adalah habitat. Seperti yang kita ketahui bahwa individu adalah satu makhluk hidup yang bentuknya tidak banyak, populasi kumpulan dari individu-individu yang sama, lalu komunitas adalah bentuk dari akibat adanya populasi yang mendiami suatu tempat, setelah menjadi komunitas maka terjadilah ekosistem yang berarti kesatuan dari makhluk yang hidup dan dengan lingkungannya, dan terakhir adalah habitat yaitu pengelompokkan ekosistem menurut tempat hidupnya masing-masing.
    Selanjutnya saya akan membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna baik di Indonesia maupun di dunia. Factor yang mempengaruhinya seperti cuaca, iklim, campur tangan manusia, dan lain sebagainya. Pada persebaran flora di dunia dibagi menjadi tiga daerah yaitu daerah iklim tropis, iklim sedang, dan dingin. Lalu ada tiga macam komunitas tumbuhan di dunia yang pertama adalah hutan, terbagi atas : hutan tropis, hutan musim, dan hutan taiga. Yang kedua adalah padang rumput yang terbagi menjadi : sabana, dan stepa. Lalu yang terakhir ada gurun yang terbagi menjadi dua, yaitu : gurun pasir, dan tundra.
    Pembagian flora di dunia dapat dilihat dari empat daerah, yaitu daerah beriklim tropis, daerah subtropis, daerah beriklim sedang, dan daerah beriklim dingin. Pembagian flora di Indonesia dibagi menjadi 3, yaitu Indonesia bagian barat (AF), Indonesia bagian tengah (AN), Indonesia bagian timur (AW).
    Selain pembagian flora di dnia dan di Indonesia, ada pula pembagian fauna di Indonesia dan di dunia. Persebaran fauna di dunia dibagi menjadi 8 kawasan, yaitu Palearktik, Oriental, Neotropikal, Nearktik, Australian, Ethiopian, Oceanian, dan Antartik. Sedangkan persebaran fauna di Indonesia dibagi menjadi 3, yaitu bagian barat (Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali), bagian tengah (Sulawesi), bagian timur (Maluku, Papua).
    Bioma merupakan ekosistem darat yang mempunyai bentangan alam luas dan ciri-cirinya yang khas. Bioma dibagi menjadi 6 kategori, yaitu bioma gurun (meliputi wilayah afrika utara, jazirah arab, benua asia, Australia, afrika bagian selatan, amerika serikat, dan meksiko), bioma padang rumput (meliputi daerah sedang), bioma hutan basah (afrika, asia tenggara, Australia timur laut), bioma hutan gugur (amerika serikat, eropa, asia timur, chili, pegunungan amerika tengah), bioma hutan taiga (belahan bumi utara dan di pegunungan tinggi), bioma tundra (lingkaran kutub utara).
    kesimpulan : biosfer adalah tempat dimana terdapatnya berbagai macam makhluk hidup.

    BalasHapus